Pendidikan Vokasi, Pendidikan Akademik dan Pendidikan Profesi

Mengenal Perbedaan Pendidikan Vokasi, Pendidikan Akademik , dan Pendidikan Profesi 


Berdasarkan UU no. 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, program  pendidikan tinggi mencakup pendidikan vokasi, akademik dan profesi/spesialis.


1. Pendidikan vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yang mencakup program pendidikan diploma I, diploma II, diploma III, dan diploma IV.

2. Pendidikan akademik adalah sistem pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu, yang mencakup program pendidikan sarjana (S1),  magister (S2), dan doktor (S2).

3. Pendidikan profesi adalah sistem pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang menyiapkan peserta didik untuk menguasai keahlian khusus.contohnya seseorang yang bergelar SE setelah menempuh pendidikan profesi akuntan akan mendapat gelar SE.Ak

Gelar profesi diperpanjang secara periodik, semua  profesi  memiliki sistem pendidikan berkelanjutan ( continuing learning ). Dengan tujuan  tetap update dengan informasi, ilmu dan tekhnologi baru.

Semoga bermanfaat 


0 Comment "Pendidikan Vokasi, Pendidikan Akademik dan Pendidikan Profesi"

Posting Komentar